RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KLS/PROGRAM/SEMESTER : XI/IPA/ 1
TAHUN PELAJARAN : 2012-2013
STANDAR
KOMPETENSI : 1.Menggunakan
aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan
masalah
KOMPETENSI
DASAR : 1. Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram
batang, garis, lingkaran, dan ogive
INDIKATOR : 1. Membaca
sajian data dalam bentuk tabel,
diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan ogive
2. Mengidentifikasikan nilai suatu
data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
ALOKASI
WAKTU : 4 x
45 menit
A.
MATERI
PEMBELAJARAN:
Membaca
dan menyajikan data dalam bentuk tabel,
diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan Ogive
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel diagram garis, diagram lingkaran, dan ogive
- Siswa dapat mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D LANGKAH LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal (Apersepsi) :
a. Sebelum memulai materi, guru
bercerita sedikit tentang suatu kasus permasalahan yang terkait dengan
statistik sehingga dari cerita tersebutdapat memotivasi siswa untuk mendalami
materi
b.
Guru memberikan soal prasyarat terkait dengan data yang
pernahdipelajari di SMP
c. Guru dan siswa membahas soal prasyarat
2. Kegiatan
inti :
a. Guru
bersama siswa membuat diagram baris
b.
Guru
membimbing siswa membuat diagram batang
c. Guru
bersama siswa membuat diagram lingkaran
d.
Guru
membimbing siswa untuk membuat ogive
e. Guru bersama siswa menafsirkan data dalam bentuk
diagram batang,lingkaran,dan ogive.
3. Kegiatan
Akhir (Penutup)
a. Dengan
bimbingan guru, siswa merangkum materi yang telah disampaikan
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru memberikan PR
E
SUMBER
PEMBELAJARAN
- Buku Paket SMA kelas X1, Yudhistra
- LKS
F
PENILAIAN
- Tugas individu,
- Ulangan harian (uraian)
Contoh
soal:
1. Berikut ini
adalah diagram lingkaran dari hasil produksi rata-rata padi kering per hektar
di lima daerah
a. Daerah
manakah yang hasil produksinya paling sedikit dan daerah manakah yang
produksinya paling banyak?
b.
Berapa
kuintal hasil produksi di daerah C jika jumlah hasil produksi di lima daerah
tersebut adalah 500 kuintal?
2.
Gambar
di bawah ini adalah diagram garis dari hasil pencatatan suhu badan pasien tiap
3 jam selama 24 jam. Pada jam berapakah suhu pasien mencapai suhu paling
tinggi?
Derajat (0)
40
39
38
37
36
3 6
9 12 15
18 21 24 jam
SILABUS
Nama Sekolah
: SMA
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas/Program :
XI / IPA
Semester :
1
STANDAR
KOMPETENSI:
1.
Menggunakan aturan statistika,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogive
|
·
Membaca
sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.
·
Mengidentifikasi
nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
|
Statistika:
diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran
, ogive dan histogram
|
·
Mengamati dan
mengidentifikasi tentang data-data disekitar
sekolah.
·
Mengidentifikasi
data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.
·
Mengelompokkan
berbagai macam diagram dan tabel.
·
Menyimak
konsep tentang penyajian data
|
Jenis Tagihan:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Kuiz
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4x45’
|
Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain
· Journal
· Internet
|
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KLS/PROGRAM/SEMESTER : XI/IPA/ 1
TAHUN PELAJARAN : 2012-2013
STANDAR KOMPETENSI : 1.Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR : 1. Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
INDIKATOR : 1. Membaca sajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan ogive
2. Mengidentifikasikan nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
A. MATERI PEMBELAJARAN:
Membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan Ogive
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel diagram garis, diagram lingkaran, dan ogive
• Siswa dapat mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a. Sebelum memulai materi, guru bercerita sedikit tentang suatu kasus permasalahan yang terkait dengan statistik sehingga dari cerita tersebutdapat memotivasi siswa untuk mendalami materi
b. Guru memberikan soal prasyarat terkait dengan data yang pernahdipelajari di SMP
c. Guru dan siswa membahas soal prasyarat
2. Kegiatan inti :
a. Guru bersama siswa membuat diagram baris
b. Guru membimbing siswa membuat diagram batang
c. Guru bersama siswa membuat diagram lingkaran
d. Guru membimbing siswa untuk membuat ogive
e. Guru bersama siswa menafsirkan data dalam bentuk diagram batang,lingkaran,dan ogive.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Dengan bimbingan guru, siswa merangkum materi yang telah disampaikan
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru memberikan PR
E SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku Paket SMA kelas X1, Yudhistra
2. LKS
F PENILAIAN
1. Tugas individu,
2. Ulangan harian (uraian)
Contoh soal:
1. Berikut ini adalah diagram lingkaran dari hasil produksi rata-rata padi kering per hektar di lima daerah
a. Daerah manakah yang hasil produksinya paling sedikit dan daerah manakah yang produksinya paling banyak?
b. Berapa kuintal hasil produksi di daerah C jika jumlah hasil produksi di lima daerah tersebut adalah 500 kuintal?
2. Gambar di bawah ini adalah diagram garis dari hasil pencatatan suhu badan pasien tiap 3 jam selama 24 jam. Pada jam berapakah suhu pasien mencapai suhu paling tinggi?
Derajat (0)
40
39
38
37
36
3 6 9 12 15 18 21 24 jam
SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN WAKTU SUMBER BELAJAR
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
• Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.
• Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
Statistika:
diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram
• Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah.
• Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.
• Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel.
• Menyimak konsep tentang penyajian data
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Kuiz
Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
4x45’
Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain
• Journal
• Internet
thnks infonya
BalasHapuswww.andikagz.blogspot.co.id